Selagi Masih Hidup, Lakukan yang Terbaik, Sebelum Menyesalinya

Bagaimanpun, penyesalan itu pasti selalu ada, menghampiri orang-orang yang hampir putus asa dengan segala perbuatan buruk yang pernah dilakukannya.

Bukan hanya perbuatan buruk, salah memilih langkah kecil saja bisa berakibat pada penyesalan yang besar.

Bahkan, kadang-kadang hal-hal sepele yang terjadi, yang aku anggap itu adalah hal kecil, ternyata saat aku menyesalinya, aku baru sadar itu adalah hal yang besar, yang hanya datang sekali seumur hidupku.

Tentang sesal apa yang aku alami kini? Ada banyak, begitu banyak, bahkan terlalu banyak yang aku sesali. Sampai-sampai, terkadang aku ingin kehidupan ini segera berakhir. Sebab, aku tidak ingin hal itu terjadi lagi, aku takut hal itu terulang kembali.

Untungnya, aku masih memiliki rasa takut, aku juga berfikir “aku harus memperbaiki semuanya”. Memulainya dari hal yang paling kecil, dari diriku sendiri, lalu orang-orang yang mencintaiku, Ibu, Kakak-Kakakku, Adik-Adikku, juga alm Ayah dan Kakakku yang telah tiada, Kakek-Nenekku pula yang telah tiada, serta seseorang yang begitu aku cintai, yang tidak mungkin aku menyebutkannya.

Aku masih ingin berbuat baik, aku ingin hidupku sedikit bermanfaat, aku ingin orang-orang yang telah berjasa dalam hidupku tidak menyesal pernah mengenalku, mengajariku, berteman denganku, bercanda denganku, yang menyayangiku, yang mencintaiku, guru-guruku, teman-temanku semuanya, setiap orang yang pernah aku kenal, dan semuanya.

Aku tidak tahu, dari mana harus memperbaiki semuanya. Aku hanya berusaha tidak mengulangi kesalahan-kesalahan itu lagi, walau kadang masih aku lakukan, aku terlalu sering bersantai, aku hanya ingin berguna, aku hanya ingin bermanfaat. Aku tidak butuh pujian, aku tidak membutuhkan itu semua, aku ingin ingin memperbaiki segala hal yang pernah terjadi, selanjutnya aku hanya ingin bermanfaat, terutama bagi Ibu, Adik-adik dan Kakak-kakaku, serta orang-orang di sekelilingku semunya.

—-

23 Nov 2022 (07.33)

~ Secangkir semangat, dengan kopi Kapal Api ~

Leave a Comment