Coban Pelangi (Air Terjun Dengan Biasan Pelangi yang Indah)

Air Terjun Coban Pelangi merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Kabupaten Malang. Dari sekian air terjun yang ada di Malang, Coban Pelangi adalah salah satu yang cukup indah.

Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 meter, tepatnya di kaki Gunung Semeru arah ke Desa Ngadas. Sedangkan ketinggiannya kurang lebih 110 meter.

Suhu di kawasan air terjun ini berkisar antara 19 hingga 23 derajat celcius. Mungkin sebagian dari sobat bertanya-tanya? Mengapa disebut dengan Coban Pelangi?

Coban sendiri memiliki arti air terjun. Sobat tentunya menyadari bahwa hampir setiap air terjun yang ada di Malang, disebut dengan Coban. Begitupula dengan Coban Pelangi.

Sedangkan dinamakan Pelangi sebab air terjun ini sering membiaskan pelangi di sekitarnya. Jika beruntung sobat bisa menyaksikannya secara langsung biasan pelangi yang menakjubkan itu.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Harga tiket masuk Air Terjun Coban Pelangi
Credit: Google Maps by farid Sholeh

Harga tiket masuk air terjun Coban Pelangi cukup murah. Meskipun dalam menempuh perjalanan menuju kemari, cukup melelahkan. Sebab, harus melewati jalanan yang berkelok dan menanjak.

TiketHarga
Tiket MasukRp. 10.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000
CampingRp. 10.000
Peralatan CampingRp. 50.000
Naik KudaRp. 30.000 / Orang
RaftingRp. 35.000 / Tim
TubingRp. 5.000 / Orang

Harga tiket tersebut, sewaktu-waktu bisa saja berubah. Jadi buat sobat yang ingin berkunjung, bawalah uang lebih untuk jaga-jaga, juga buat jajan dan oleh-oleh, hehe.

Rute Menuju Air Terjun Coban Pelangi

Bagi sobat yang pernah mendaki di Gunung Semeru, mungkin sudah tidak asing lagi dengan air terjun ini. Sebab untuk menuju Pendakian, para pendaki pasti akan melewati lokasi air terjun ini.

Air terjun Coban Pelangi berjarak sekitar 2 km dari desa Gubuk Klakah atau sekitar 32 km sebelah timur Kota Malang.

Untuk mengunjungi air terjun yang terletak di Sungai Amprong ini, sobat bisa mengarahkan perjalanan menuju Desa Gubug Klakah. Hati-hati dalam perjalanan, sebab setelah melewati desa, jalanannya mulai berkelok dan menanjak.

Air terjun ini berada sebelum memasuki pertigaan Jemplang (pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo). Usai melewati Desa Gubug Klakah disebelah kanan jalan akan terlihat jelasgapura bertulisakan air terjun Coban Pelangi.

Dari area pintu masuk Coban Pelangi yang berada di atas tebing setinggi sekitar 100 meter, perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan.

Jarak dari pintu masuk menuju lokasi air terjun tidak begitu jauh, hanya sekitar 1,5 km.

Buat yang ingin berkunjung ke Coban Pelangi, sebaiknya datang di pagi hari, sebab kabut sering muncul setelah lewat tengah hari.

Selain itu, di musim penghujan seperti sekarang ini, biasanya pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga pukul 16.00.

Hal tersebut tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, seperti munculnya air bah yang datang dari pegunungan di bagian hulu yang kerap kali datang.

Aktivitas di Coban Pelangi

Aktivitas di Coban Pelangi
Credit: Google Maps by Wahyu_Ananda

Air terjun dengan ketinggian 110 meter, serta hawa sejuknya yang mencapai 19 hingga 230 celcius ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Sebab, diwaktu tertentu, jika sobat beruntung maka akan melihat pelangi disekitarnya.

Beragam aktivitas pun bisa dilakukan, seperti berfoto di atas jembatan, bermain air di sungai dari aliran air terjun, juga berfoto dengan background air terjun yang megah dan menjulang tinggi.

Disini sobat juga bisa berkeliling di sekitar lokasi air terjun dengan menunggangi kuda, dan tentunya sudah ada pawang kuda yang juga akan menemani menyusuri sekitar lokasi air terjun.

Selain itu, sobat juga bisa melakukan kegiatan outbond dan berkembah. Tentunya harus memiliki izin terlebih dahulu jika sobat hendak berkemah di tempat ini.

Jika sobat ingin bermain air atau berenang, sobat bisa bermain di sungai kecil yang ada di sekitar lokasi air terjun. Sebab disini tidak di perbolehkan berenang di bawah air terjun, karena memang debit airnya yang cukup deras dan berbahaya.

Walaupun hanya dapat bermain air di sungai, namun itu sudah hal yang menyenangkan. Terlebih air sungainya sangat jernih dan cukup dingin, sobat juga dapat menyaksikan ikan-ikan kecil berlalu lalang didalam air.

Kalau sobat ingin merasakan kegiatan yang lebih seru, bisa mencoba wahana tubing. Yakni aktivitas menyusuri air sungai dengan menggunakan ban karet.

Selain tubing, sobat juga bisa mencoba aktivitas rafting. Kegiatan ini sangat seru dan memacu adrenalin. Aktivitas ini dilakukan di sungai yang berseberangan dengan sungai yang digunakan untuk tubing.

Fasilitas di Coban Pelangi

Fasilitas Air Terjun Coban Pelangi
Credit: Google Maps by atalia gracia

Fasilitas di Coban Pelangi sudah sangat lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, mushola, dan kamar mandi.

Di sekitar lokasi air terjun juga ada beberapa gazebo, dan cukup nyaman untuk bersantai atau bahkan tiduran, hehe.

Selain itu, di tempat ini juga sudah cukup banyak warung-warung yang menyediakan jajanan ringan, seperti gorengan, mie instan ataupun minuman hangat.

Kalau untuk makanan berat saya kurang mengingatnya, sebab sudah lama sekali sebenarnya ketika saya terakhir berkunjung kemari.

Tips Berkunjung di Coban Pelangi

Tips Berkunjung di air terjun Coban Pelangi
Credit: Google Maps by Heri Yanto

Supaya liburan sobat jadi semakin terasa nyaman, pastikan sobat sudah mempersiapkan semua hal yang akan dilakukan ketika berada di lokasi air terjun.

Adapun sedikit tips yang bisa sobat lakukan diantaranya sebagai berikut:

  • Membawa jaket, sebab udara di tempat ini cukup dingin, karena memang berada di kaki gunung.
  • Pastikan kondisi tubuh sobat sedang sehat, jika sedang kurang enak badan, sebaiknya di tunda terlebih dahulu.
  • Sobat juga perlu membawa air minum sendiri, memang ditempat ini sudah cukup banyak penjual minuman, buat jaga-jaga saja.
  • Jika hendak berkunjung, pastikan tidak terlalu sore, waktu yang pas untuk berkunjug adalah antara pukul 10 pagi hingga pukul 14.00 atau jam 2 siang. Dimana, waktu tersebut biasanya cuacanya cukup cerah. Jika beruntung sobat dapat menjumpai biasan pelangi yang sangat indah di air terjunnya.
  • Dan yang terpenting, selalu hati-hati dan menjaga kebersihan lingkungan setempat ya, buanglah sampah pada tempatnya.

Yaps, mungkin sekian sedikit informasi mengenai air terjun Coban Pelangi. Semoga bermanfaat, terima kasih.

~ Jangan mencintai sesuatu terlalu banyak ✨ ~

Leave a Comment